Breaking News:

AS Larang Warganya Bepergian ke Indonesia, Satgas Covid-19: Tak Ada Negara yang Bebas dari Civid-19

Amerika Serikat (AS) memperingatkan warganya untuk tidak bepergian ke Indonesia sementara ini, kecuali kepentingan mendesak.

BNPB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito 

TRIBUNPALU.COM - Amerika Serikat (AS) memperingatkan warganya untuk tidak bepergian ke Indonesia sementara ini, kecuali kepentingan mendesak. Peringatan level 3 itu dikeluarkan Central Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di negara tersebut.

Terkait hal itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan pendapatnya saat menanggapi pertanyaan media dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020) dilansir dari laman Covid19.

"Bahwa di dunia ini Covid-19 masih pandemi. Jadi tidak ada negara yang bebas dari Covid-19. Semua negara pasti berusaha melindungi warga negaranya atau masyarakatnya, dan tidak terkecuali negara Indonesia," jelasnya.

Seluruh dunia katanya pasti akan melakukan hal yang sama. Tujuannya agar warga negara yang bepergian karena dikhawatirkan berpotensi membawa masuk virus Covid-19 masuk.

Jadi selama pemerintah bisa menjaga atau membatasi mobilitas penduduk antar negara, begitu juga di Indonesia, maka hal itu dapat mengendalikan persebaran kasus Covid-19 dengan baik.

"Jadi kami mohon pengertian pada seluruh warga negara Indonesia agar betul-betul dapat menjaga mobilitas di daerahnya masing-masing, mobilitas penduduknya dibatasi hanya melakukan perjalanan yang essensial saja, dan betul-betul melaksanakan protokol kesehatan yang seperti ditetapkan," lanjut Wiku.

Supaya tidak ada kasus tambahan baru. Karena fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia maupun di negara lain semuanya terbatas.

Update COVID-19 WNI di Luar Negeri: Kemenlu Catat Penambahan Kasus di Belgia, Brunei, dan Taiwan

"Satu-satunya cara adalah kita melindungi diri kita sendiri dan masyarakat sekitarnya, karena itu adalah cara kita melindungi negeri," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "AS peringatkan warga untuk tidak ke Indonesia karena corona, ini kata Satgas Covid-19"

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved