Breaking News:

Pastikan Keamanan dan Efektivitas Vaksin Covid-19, BPOM: Sesuai Standar Internasional

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan proses pengujian keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19 masih berlangsung.

Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Konferensi Kepala Badan POM Penny Kusumastuti Lukito soal obat ranitidin yang diambil dari peredaran di kantor Badan POM di Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan proses pengujian keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19 masih berlangsung.

Disampaikan, BPOM tengah menunggu hasil uji klinis yang tengah dilakukan tim peneliti di Bandung bersama Universitas Padjajaran.

"Sekarang kita sedang berproses untuk observasi, nanti tentunya hasil dari observasi ini akan melihat aspek keamanannya dan terutama efektivitasnya. Periodenya 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan," jelas Kepala BPOM Penny K. Lukito yang dikutip dari keterangan pers KPCPEN, Kamis (17/12/2020).

Adapun hasil pengujian tersebut nantinya akan menjadi dasar penentuan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

"Nah hasil evaluasi tersebut yang jadi dasar kita menentukan Emergency Use Authorization (EUA), untuk EUA efikasi boleh cukup 50%, dan untuk vaksin 70%," imbuhnya.

Baca juga: Menkes Terawan Pastikan Pemerintah Hanya Sediakan Vaksin Covid-19 yang Terbukti Aman

BPOM pastikan penentuan keamanan dan efektivitas vaksin sesuai standar WHO

Kepala BPOM menuturkan pihaknya mengikuti standar dan regulasi yang disepakati secara internasional dalam menentukan keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19.

Dijelaskan, standar tersebut merujuk referensi dari WHO dan juga regulator negara lain seperti BPOM Amerika Serikat atau dikenal sebagai FDA.

"Dan itulah mengapa Badan POM sudah inspeksi bersama tim dari MUI untuk audit halal, juga bersama Bio Farma, dan Kementerian Kesehatan sudah melakukan inspeksi di Cina," kata Penny Lukito.

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, (6/12/2020), langsung dibawa menuju Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung.
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, (6/12/2020), langsung dibawa menuju Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung. (Istimewa/Sekretariat Presiden)

BPOM sebut aspek keamanan vaksi sudah baik

Halaman
123
Penulis: Clarissa Fauzany Priastuti
Editor: Imam Saputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved