Breaking News:

Banggai Hari Ini

Polres Banggai Sita Satu Ton Miras Jenis Cap Tikus dan Saguer

Satu ton lebih Miras tradisional yang ditemukan itu terdiri dari 447 liter Miras jenis cap tikus siap edar, dan 640 liter saguer siap olah. 

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Dimas Adi Satriyo
TribunPalu.com/Handover
Operasi pemberantasan miras di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Komitmen Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto, dalam memberantas peredaran minuman keras (miras) di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah terus digencarkan dari hulu hingga hilir.

Kali ini, komitmen itu dibuktikan oleh jajaran Polsek Toili yang dipimpin langsung Kapolsek AKP Candra, dengan melaksanakan operasi pemberantasan peredaran miras di wilayah Desa Sindang Baru, Kecamatan Toili, pada Rabu (16/6/2021).

Dari operasi yang dimpimpin mantan Kasat Narkoba Polres Banggai ini berhasil menemukan 1 ton lebih atau sekitar 1.087 liter miras jenis cap tikus, serta bahan baku pembuatan cap tikus, dan saguer.

Baca juga: Penurunan Angka Kemiskinan Target Pertama Rusdi-Mamun Sebagai Gubernur Sulteng

Baca juga: Profil Rusdy Mastura, Mantan Wali Kota Palu yang Kini Resmi Jabat Gubernur Sulawesi Tengah

Baca juga: 19 Tahun Kelola Penggilingan Bakso dan Somay, Bowo Sudah Miliki 1.200 Mitra Bisnis

“Kami menggerebek 7 rumah warga yang digunakan sebagai tempat penyulingan serta 3 rumah warga yang menjual Miras jenis cap tikus. Jadi semuanya ada 10 lokasi,” ungkap Candra kepada awak media seusai memimpin operasi.

Satu ton lebih Miras tradisional yang ditemukan itu terdiri dari 447 liter Miras jenis cap tikus siap edar, dan 640 liter saguer siap olah. 

Selain itu, ditemukan barang bukti berupa empat set seperangkat alat penyulingan Miras jenis cap tikus.

“Barang bukti yang dimusnahkan di TKP yaitu empat set alat penyulingan dan 650 liter saguer,” beber Candra.

Pemusnahan sebagai barang bukti di TKP itu dilakukan petugas lantaran jarak tempuh dan akses untuk menuju desa tersebut harus menyebrangi sungai dengan menggunakan rakit bambu.

“Seluruh pemilik Miras jenis cap tikus tersebut diamankan di Mapolsek Toili guna pemeriksaan serta proses hukum lebih lanjut,” tandas Candra.

Adapun barang bukti yang diamankan di Mapolsek Toili sebanyak 447 liter miras jenis cap tikus dengan rincian, 24 buah jeriken ukuran 5 liter, 2 buah jeriken ukuran 10 liter, 6 buah jeriken ukuran 20 liter, 2 buah jeriken ukuran 35 liter dan dua buah galon, 2 buah drum dan 3 buah ember berisikan Miras jenis cap tikus. (*)

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved