Breaking News:

STIFA Pelita Mas Palu

STIFA Pelita Mas Palu Sosialisasi Pengobatan Rasional Penyakit Kanker di Desa Beka Sigi

Seluruh dosen STIFA Pelita Mas Palu bersama beberapa staf dan mahasiswa ikut serta dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) di Desa Beka.

Editor: Muh Ruliansyah
handover
Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFA) Pelita Mas Palu menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Beka, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

TRIBUNPALU.COM - Seluruh dosen STIFA Pelita mas Palu dengan beberapa staf dan mahasiswa ikut serta dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) di Desa Beka, Kecamatan Dolo, kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/05/2021)

Kegiatan ini bekerjasama dengan IAI Sigi.

Tema Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Beka yaitu Sosialisasi Tentang Pengobatan Yang Rasional Terhadap Penyakit Kanker.

Kegiatan ini secara umum yaitu DAGUSIBU, yaitu Dapat, Gunakan, Simpan dan Buang kemasan obat. Tema ini kami angkat karena masih sebagian besar masyarakat mendapatkan obat tersebut bukan di apotek melainkan mendapatkannya di warung.

Sosialisasi tentang pengobatan terhadap penyakit kanker ini penting untuk dilakukan karena mengingat penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat merebut nyawa, jika penanganannya yang salah dan tidak cepat.

Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai gejala penyakit kanker membuat masyarakat lambat mengambil tindakan dalam pengobatan serta pola makan serta pola hidup masyarakat yang kurang sehat pada masa kini yang mana dapat menimbulkan penyakit kanker.

Oleh karena itu, kami mengadakan Sosialisasi Tentang Pengobatan Yang Rasional Terhadap Penyakit Kanker ini kepada masyarakat  Desa Beka.

Pada umumnya kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Gejala umum yang terjadi pada kanker sangat bervariasi, atau mungkin tidak terjadi sama sekali. Beberapa pasien memiliki benjolan yang tidak normal, demam yang tidak dapat dijelaskan, keringat di malam hari, atau penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Sel abnormal yang terjadi kemudian akan menyebar ke bagian tubuh lain, biasanya yang lokasinya masih berdekatan. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved