Breaking News:

Virus Corona

Olahraga Ringan yang Aman untuk Pasien Covid-19 yang Sedang Isolasi Mandiri

Pasien Covid-19 masih diperbolehkan melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan imun dan menjaga kondisi fisik selama masa isolasi. 

health.harvard.edu
ILUSTRASI latihan pernapasan. Pasien Covid-19 masih diperbolehkan melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan imun dan menjaga kondisi fisik selama masa isolasi.  

TRIBUNPALU.COM - Pasien Covid-19 meski tanpa gejala memang tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat saat isolasi mandiri. 

Tetapi pasien Covid-19 masih diperbolehkan melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan imun dan menjaga kondisi fisik selama masa isolasi. 

Kebugaran fisik juga diperlukan agar tidak merasa lemas setelah lama menjalani masa isolasi mandiri. 

Hal itu juga diterangkan oleh dr Amien Suharti, anggota Perhimpunan Besar Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (PB PERDOSRI), dalam webinar bertajuk Manajemen Isolasi Mandiri di rumah, Peran Nutrisi, Suplemen Vitamin, Mineral, Herbal, serta Latihan Pernapasan.

Baca juga: Benarkah Pasien Sembuh Covid-19 Masih Tetap Berisiko Alami Pembekuan Darah? Simak Penjelasannya

Baca juga: Sedang Isolasi Mandiri Covid-19? Ini Sederet Hal yang Perlu Anda Lakukan Setiap Harinya

“Aktivitas fisik dan olahraga ini perlu dibedakan ya, kayak menyapu rumah itu tidak termasuk olahraga, jadi olahraga untuk pasien isolasi mandiri yang bisa dilakukan adalah gerakan yang bisa diukur," katanya, dikutip dari Kompas.tv  Sabtu (17/7/2021).

Olahraga yang dilakukan pasien Covid-19 juga tidak bisa sembarangan. 

Pasien Covid-19 tanpa gejala dan yang memiliki tingkat saturasi di atas 95 persen yang diperbolehkan melakukan olahraga.

Aktifitas olahraga sendiri hanya bisa melakukan olehraga ringan dan perlu diatur agar tidak berlebihan.

"Jangan dipaksakan. Namun jika tidak bergejala, lalu saturasinya di atas 95 persen tentu aman untuk berolahraga sehingga tidak rebahan saja meski di rumah,” terang Amien.

Selain itu, dikutip dari situs Unpad.ac.id, Dr. dr. Yoyos Dias Ismiarto, SpOT(K), M.Kes (AIFO)  selaku ketua program studi Orthopaedi & Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memberikan beberapa tips perihal olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh Pasien Covid-19, yakni:

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved