Breaking News:

Virus Corona

Perlu Diperhatikan, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Hasil Positif Palsu Tes Antigen Covid-19

Sebuah studi menyebut bahwa sejumlah minuman bisa membuat hasil positif palsu pada tes antigen Covid-19 jika dikonsumsi sebelum melakukan tes.

TRIBUNPALU.COM/MOH SALAM
Petugas Kesehatan di Posko Satgas Covid-19 Sigi saat melakukan layanan swab Antigen di Desa Tulo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi,  Jumat (10/9/2021). 

TRIBUNPALU.COM - Sebuah studi menyebut bahwa sejumlah minuman bisa membuat hasil positif palsu pada tes antigen Covid-19 jika dikonsumsi sebelum melakukan tes. 

Studi itu juga menyimpulkan bahwa melakukan tes antigen paling baik dilakukan di pagi hari, sebelum makan dan minum.

Dilansir dari Daily Express, diketahui jika tes antigen cepat Covid-19, memungkinkan orang untuk mengetahui apakah mereka terpapar Virus Corona atau tidak.

Satu studi yang dilakukan oleh para peneliti di Queen Mary University of London, University of Oxford, Institute for Advanced Studies, Wina, dan Medical University of Graz, menemukan tes aliran lateral 95 persen efektif dalam mendeteksi Covid-19.

Namun ada beberapa penyebab yang bisa membuat hasil tes tersebut meleset. 

Di Indonesia, hasil tes antigen biasanya akan dikonfirmasi dengan tes PCR untuk memastikan apakah mereka terinfeksi Covid-19 atau tidak. 

Sekelompok ilmuwan di Universitas Tubingen, Jerman baru-baru ini menerbitkan sebuah penelitian di International Journal of Infectious Disease yang juga mencatat efektivitas kit antigen Covid-19.

Penelitian mereka mengonfirmasi jika sejumlah minuman bisa membuat hasil tes antigen menjadi tidak akurat.

“Semua minuman ringan berkarbonasi atau bersoda, minuman energi, minuman beralkohol, bahkan air mineral kemasan komersial, dan air mineral berkarbonasi menyebabkan munculnya garis uji merah," kata para peneliti.

Untuk diketahui jika garis tes merah menunjukkan positif terinfeksi Covid-19.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved