Breaking News:

UIN Datokarama

UIN Datokarama Palu Berencana Buka Program Studi Pendidikan Kebencanaan

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama berencana buka Program Studi (Prodi) Pendidikan Kebencanaan jenjang strata satu (S1).

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
Handover/Humas UIN Datokarama
Rektor UIN Datokarama Palu Prof Saggaf S Pettalongi 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama berencana buka Program Studi (Prodi) Pendidikan Kebencanaan jenjang strata satu (S1).

Rektor UIN Datokarama, Prof Sagaf S Pettalongi mengatakan, pembukaan Prodi Pendidikan Kebencanaan untuk peningkatan kapasitas masyarakat dan generasi muda dalam pengurangan risiko bencana

"Ini menjadi sesuatu yang baru dan mengharuskan, karena tuntutan yang sangat besar, seiring dengan kerentanan terhadap bencana alam gempa bumi dan lainnya di Provinsi Sulteng khususnya di wilayah Palu, Sigi dan Donggala," jelas Prof Saggaf via rilis yang diterima TribunPalu.com, Kamis (14/10/2021) siang.

Ia menjelaska upaya UIN Datokarama Palu membuka prodi pendidikan kebencanaan, merupakan tindaklanjut dari hasil workshop strategi kesiapsiagaan bencana berbasis gender dan inklusif.

Workshop tersebut difasilitasi oleh Asian Development Bank (ADB) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulteng.

Kemudian kegiatan itu diselenggarakan PT Yodya Karya, dengan pelaksana lapangan oleh UIN Datokarama Palu dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Bunda PAUD Berperan dalam Peningkatan Kualitas Anak-anak di Kota Palu

Baca juga: Wali Kota Palu Buka Workshop Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Sulteng

Workshop itu menghasilkan beberapa poin, salah satunya merekomendasikan kepada pemerintah dan UIN Datokarama Palu untuk menggagas dan membuka prodi pendidikan kebencanaan.

Rektor UIN Datokarama Palu itu menilai prodi pendidikan kebencanaan sangat penting untuk diselenggarakan oleh UIN Palu.

Tidak hanya itu, pendidikan kebencanaan juga penting disemua satuan pendidikan di tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di wilayah Sulteng.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved