Breaking News:

Soal Vaksin Anak Usia 5-11 Tahun di Indonesia, Menkes Buka Suara: Bisa Mulai di Awal Tahun Depan

Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin buka suara terkait vaksin untuk anak usia 5 hingga 11 tahun yang telah dinilai bermanfaat. 

HandOver
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 - Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin buka suara terkait vaksin untuk anak usia 5 hingga 11 tahun yang telah dinilai bermanfaat.  

TRIBUNPALU.COM - Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin buka suara terkait vaksin untuk anak usia 5 hingga 11 tahun yang telah dinilai bermanfaat. 

Budi menyebut akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait izin darurat vaksin untuk anak-anak itu. 

Di Indonesia sendiri ada tiga vaksin yang sedang diamati untuk bisa diberikan pada anak-anak di Indonesia. 

"Untuk emergency use authorization sekarang sedang bekerja sama dengan BPOM, juga untuk memastikan bahwa kita bisa mengeluarkan (izin) sesegera sesudah di negara asal ketiga vaksin tersebut Sinovac, Sinopharm dan Pfizer bisa digunakan untuk anak-anak usia 5 sampai 11 tahun," kata Budi, dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (26/10/2021), dikutip dari Kompas.com.

Dia masih menunggu keputusan dari negara asal perusahaan vaksin itu untuk terlebih dahulu digunakan di sana. 

Namun, jika hasil uji klinisnya telah keluar, Indonesia akan berupaya untuk sesegera mungkin mengeluarkan izin darurat untuk pemberian vaksin bagi anak di bawah 12 tahun. 

Diperkirakan, vaksin itu sudah bisa diterima pada awal tahun 2022. 

"Rencananya kalau itu (vaksin) sudah keluar hasil uji klinisnya, kita bisa mulai digunakan di awal tahun depan," kata Budi.

Rencana pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak di bawah usia 12 tahun banyak terdengar di Amerika Serikat (AS). 

Setelah sebuah panel pakar di Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengkaji pemberian vaksin untuk anak-anak. 

Halaman
12
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved