Banggai Hari Ini

Pemkab Bone Pelajari Peningkatan Kinerja di Pemkab Banggai

Tim studi tiru Pemkab Bone melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banggai untuk mempelajari peningkatan kinerja pemerintahan.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Tim studi tiru Pemkab Bone melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banggai untuk mempelajari peningkatan kinerja pemerintahan 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI- Rombongan Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mengunjungi Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (4/7/2022).

13 orang dari tim studi tiru itu dipimpim Aisisten Bidang Administrasi Umum Setda Bone, H. A. Yusuf.

Kunjungan pertama mereka dengan menyambangi Kantor Bappeda Litbang Banggai di Komoleks Perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai Moh. Ramli Tongko, manyambut rombongan Pemkab Bone tersebut.

Baca juga: Sempat Ricuh, Pendemo Hadang Bupati Banggai saat Menghadiri Paripurna LKPD

Kunjungan ini sehubungan dengan peningkatan nilai Sakip Pemerintah Kabupaten Bone, dan persiapan pelaksanaan evaluasi akuntabilias kinerja tahun 2022 berdasarkan PermenpanRB Nomor 88 Tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Bone, H. A. Yusuf menyatakan, tim studi tiru adalah perintah Bupati Bone untuk belajar akuntabilitas kinerja di Kabupaten Banggai

"Saat tiba di Luwuk, kami berdecak kagum melihat keindahan alam di sini. Kami pun disambut dengan sangat ramah. Makanya kami berpikir, tidak salah kami datang melakukan studi tiru di kabupaten ini," turur Yusuf.

Ramli Tongko menjelaskan, kunjungan tim studi tiru ini sebagai ajang belajar bersama.

Baca juga: Rekomendasi Ucapan Selamat Wisuda untuk Saudara Perempuan, Beri Kado dan Sisipkan Kata-kata Ini

"Kami merasa terhormat, bahagia dan tersanjung karena Tim Pemkab Bone datang ke Kabupaten Banggai untuk sama-sama belajar tentang SAKIP," kata Ramli.

Ia menjelaskan, Kabupaten Banggai sudah 3 tahun berturut-turut mendapatkan Sakip A.

Tapi bukan berarti sudah sempurna, sangat baik, dan menjadi sesuatu yang patut dicontoh, tapi Kabupaten Banggai juga masih ada kekurangan-kekurangan.

"Mungkin kita bisa berbagi dan belajar bersama," tuturnya.

Sementara itu, A. H. Yusuf mengaku Kabupaten Bone selama 3 tahun berturut-turut untuk Sakip memperoleh nilai B. 

Komponen penilaian tahun 2021, untuk penilaian kinerja sebesar 23,15 persen, pengukuran kinerja 15,23 persen, pelaporan kinerja 11,08 persen, evaluasi internal 6,84 persen, dan capaian kinerja 9,74 persen. 

Akumulasi dari semua ini adalah 66,04 persen, sehingga nilai SAKIP Kabupaten Bone adalah B. 

"Kami berharap, penilaian SAKIP ke depannya bisa meningkat, minimal bisa mendapatkan nilai BB," tandasnya.

Itulah sebabnya Pemkab Bone belajar di Kabupaten Banggai karena dari beberapa rekomendasi KemenpanRB, salah-satunya adalah merekomendasikan Kabupaten Banggai sebagai lokus studi tiru.

"Kami berharap, saudara-saudara kami yang ada di Kabupaten Banggai ini bisa membantu kami, mengajar kami, sehingga apa yang menjadi harapan kami di Kabupaten Bone, apa yang telah didapat oleh Kabupaten Banggai, bisa juga didapat oleh Kabupaten Bone," tutur Yusuf. (*)
 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved