Tolitoli Hari Ini

Gandeng Bank Sulteng-PT Pos, Pemkab Tolitoli Luncurkan Retribusi Pajak Digital

Kerja sama Pemerintah Kabupaten Tolitoli itu diwujudkan dalam peluncuran Implementasi Transaksi Pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi secara digitalis

Penulis: Diskominfo Tolitoli | Editor: mahyuddin
Handover/Dinas Kominfo Tolitoli
Pemerintah Kabupaten Tolitoli menggandeng PT Bank Sulteng dan PT Pos Indonesia pembayaran dan retribusi pajak daerah secara digitalisasi. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Mitra, Jl Malatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNPALU.COM, TOLITOLI - Pemerintah Kabupaten Tolitoli menggandeng PT Bank Sulteng dan PT Pos Indonesia pembayaran dan retribusi pajak daerah secara digitalisasi.

Kerja sama Pemerintah Kabupaten Tolitoli itu diwujudkan dalam peluncuran Implementasi Transaksi Pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi Digital. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Mitra, Jl Malatuang, Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Rabu (27/7/2022).

Hadir dalam kegiatan itu perwakilan Dinas Kominfo Tolitoli dan sejumlah OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Dandim 1305/BT, Kejaksaan Negeri, perwakilan Kemenag ToliToli dan tamu undangan lainnya.

Bupati Tolitoli Amran H Yahya merespon baik kegiatan tersebut dan berharap kepada pemerintah kecamatan untuk terus mensosialisasikan hasil dari kerja sama itu ke pelosok pedesaan.

Baca juga: Revitalisasi Pasar Bumi Harapan Tolitoli Dapat Dukungan Menteri Perdagangan RI

Menurut mantan Kepala Desa Soni itu, digitalisasi pembayaran dan penarikan pajak mempermudah pemerintah maupun wajib pajak.

"Tak hanya itu digitalisasi juga bisa dipakai untuk melakukan edukasi tentang perlunya taat membayar pajak lewat sistem aplikasi berbasis digital," ucap Amran H Yahya.

Dalam pertemuan itu, Bupati Amran H Yahya mengisahkan perjuangannya menagih pajak dari rumah ke rumah.

Penagihan pajak secara manual menyita waktu kepala maupun aparatur desa.

"Kini warga bisa bertransaksi dari rumah tanpa harus datang ke loket atau tempat tertentu guna membayar pajak," ujar suami Sriyanti Dg Parebba tersebut.

Kendati pembayaran maupun penarikan pajak kian mudah, Amran H Yahya tetap berharap agar masyarakat taat membayar pajak dan turut berkontribusi untuk kemajuan daerah. 

Baca juga: Bupati Amran Hi Yahya Bertemu Anggota Komisi IV DPR RI, Sampaikan Perkembangan Kabupaten Tolitoli

"Jika PAD kita kurang maka sudah dipastikan pembangunan daerah juga ikut terdampak atau tidak berjalan normal, makanya partisipasi kesadaran masyarakat membayar pajak lewat digitalisasi adalah faktor untuk meningkatkan sumber nilai tambah PAD," jelas Amran H Yahya.

Amran H Yahya juga akan mengevaluasi OPD yang tidak mencapai target dalam pemenuhan pencapaian PAD.

"Kita akan melakukan rapat dengan mengundang sejumlah OPD guna menanyakan sejauh mana ini tugas yang diberikan kepada OPD berkaitan dengan capaian kinerja OPD terkait dalam pengelolaan sumber pemasukan dana untuk PAD," ucapnya.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved