Pemilu 2024 Sulteng

Bawaslu Sigi Sosialisasi Implementasi Peraturan dan Non Peraturan

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sigi melakukan Sosialisasi Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu, Senin (12/9/2022).

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TribunPalu.com/Moh Salam
Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sigi melakukan Sosialisasi Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu, Senin (12/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sigi melakukan Sosialisasi Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu, Senin (12/9/2022).

Sosialiasi itu bertempat di Pemancingan Nagaya, Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Hadir dalam Implementasi Peraturan Bawaslu itu antara lain Ketua Bawaslu Sigi Steny Mariny Pettalolo, Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin, Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak, Pabung Dandim Kota Palu Letkol Inf Ayidin Pakaya, Ketua BPD dan 24 Pimpinan Partai Politik di Sigi. 

Pemateri dalam Sosialisasi tersebut adalah Anggota Bawaslu Sulteng Divisi Penyelesaian Sengketa, Darmiati.

Ketua Bawaslu Sigi Steny Mariny Pettalolo menuturkan, Sosialisasi kali ini salah satu bentuk pencegahan yang dilakukan Bawaslu.

Dia mengatakan, Efektifnya kegiatan pemilu 2024 lebih kurang 29 bulan sampai nanti pada masa pelantikan 2024 mendatang. 

"Saat ini kita dimasa verifikasi administrasi terkait dengan partai politik, Kegiatan sosialisasi Bawaslu hari ini adalah salah satu bentuk pencegahan yang dilakukan Bawaslu terkait dengan amanah yang diperintahkan UU berkaitan netralitas TNI-POLRI," ujar Steny Mariny Pettalolo, Senin (12/9/2022).

Ketua Bawaslu Sigi itu berharap, nantinya TNI-POLRI bisa bersama-sama melakukan pengawasan proses jalannya tahapan pemilu 2024.

"Melalui kegiatan ini kami berharap kepada Kepolisian dan TNI serta seluruh jajarannya bisa bersama-sama mengawasi untuk mengawasi proses jalannya tahapan pemilu 2024," kata Steny menambahkan. 

Selain itu pihaknya juga meminta kepada Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Sigi untuk berperan mengawasi bersama.

"Teman-teman partai politik sebagai calon peserta pemilu 2024 bersama-sama Bawaslu ikut mengawasi bersama. Jadi proses pengawasan ini tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu tetapi bersama TNI-POLRI dan unsur pemerintah," tuturnya. 

Diakhir kegiatan dilakukan MoU antara Bawaslu Sigi dengan Polres Sigi dan Kodim 1306 Palu terkait bersama-sama melakukan pengawasan tahapan pemilu. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved