UIN Datokarama

Tambah 2 Guru Besar, Rektor UIN Datokarama: 4 Sedang dalam Proses

Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf S Pettalongi mendorong dosen di lingkup kampusnya berani memiliki mimpi untuk menjadi guru besar atau profesor.

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir
handover
Pengukuhan dua guru besar UIN Datokarama di Swiss Belhotel Jl Manonda, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Selasa (20/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf S Pettalongi mendorong dosen di lingkup kampusnya berani memiliki mimpi untuk menjadi guru besar atau profesor.

Saat ini, sebanyak 4 dosen UIN Datokarama tengah dalam pengajuan untuk meraih gelar akademik tertinggi tersebut.

Hal itu diutarakan Prof Sagaf di acara pengukuhan dua guru besar UIN Datokarama di Swiss Belhotel Jl Manonda, Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Selasa (20/9/2022).

Mereka adalah Prof Lukman dari bidang ilmu filasafat Islam dan Prof Marzuki dari bidang ilmi fikih.

Kegiatan itu turut dihadiri langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Prof Nizar Ali.

Baca juga: Ketua PWNU Sulteng Dikukuhkan Jadi Guru Besar UIN Datokarama Palu, Berikut Perjalanan Akademiknya

"Banyak lektor kepala sedang mengantre. Saat ini ada 4 sedang dalam proses, yaitu Dr Fatimah, Dr Hamlan, Dr Askar dan Dr Saude," Prof Sagaf.

Prof Lukman sebagai guru besar filsafat islam UIN Datokarama juga merupakan Ketua Tanfidziyah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sulteng.

Sementara Prof Marzuki termasuk orang pertama yang menerima SK guru besar di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Menurut Prof Sagaf, proses kenaikan pangkat lektor kepala saat ini lebih efisien setelah keluarnya juknis penetapan lektor kepala dan guru besar dari Kemenag.

"Saya ingin calon-calon profesor ini cepat bergerak. Setelah keluarnya peraturan Kemenag tentang juknis ini maka pergerakan kenaikan pangkat itu akan lebih efisien dibanding sebelumnya," tuturnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved