OPINI

Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik

Perkembangan teknologi informasi yang semakin massif dalam mempengaruhi kehidupan manusia. salah satunya adalah teknologi yang berbasis media sosial.

Penulis: Citizen Reporter | Editor: Salam Kerimov
HandOver
Muhammad Qadri 

Oleh Muhammad. Qadri

Perkembangan teknologi informasi yang semakin massif dalam mempengaruhi kehidupan manusia. salah satunya adalah teknologi yang berbasis media sosial.

Tren media sosial yang sampai saat ini sudah menjalar di semua kalangan, dapat dengan mudah mengakses informasi dan kemudian dengan mudah pula menyebarkan informasi yang didapatkan, tanpa memahami manfaat serta sebab dan akibat yang ditimbulkannya, tanpa memfilter informasi yang didapatkan, sehingga informasi yang disebarkan bisa jadi benar dan bisa jadi sebaliknya atau dengan sebutan kekinian berita hoax/bohong.

Lalu bagaimana sebenarnya media sosial dapat membangun pemikiran publik? Media Sosial bekerja melalui penyebaran informasi.

Adanya sesuatu hal yang dapat menimbulkan perpecahan, maka disitulah media Sosial terlihat secara langsung dapat mempengaruhi pandangan opini publik.

Media Sosial bisa saja mengarah kepada kepentingan yang benar atau justru malah sebaliknya. Kecenderungan ini biasanya didasari dari pengaruh yang berkerja pada media Sosial tersebut.

Media Sosial kadang ada yang berdiri secara independent, dan ada juga yang ditunggangi kepentingan politik oleh beberapa golongan atau kelompok. Bahkan ada juga media Sosial yang bisa ditunggangi pemerintah.

Transformasi politik menjadi bagian dari kontribusi media. Kini media memiliki kontribusi besar dalam membangun pemahaman masyarakat hingga perilaku politiknya.

Dalam merespon perubahan politik pasca Orde Baru, sebagian pekerja media menghadapi realitas politik yang penuh dinamika.

Kondisi demikian melahirkan perubahan perilaku politik di kalangan masyarakat. Salah satu faktor determinan adalah publikasi media yang memberitakan transformasi politik dan pers memiliki kebebasan berekspresi sehingga dalam pemberitaannya cenderung independen.

Hal inilah yang melatari terjadinya perubahan perilaku politik masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri perkembangan media sosial akhir-akhir ini telah turut andil dalam menentukan kebijakan di negeri kita.

Banyak kebijakan yang "terpengaruh" dengan iklim dan tren di media sosial. Pengaruh media sosial yang begitu masif ini tentu menarik untuk dikaji lebih dalam mengingat begitu besarnya kekuatan yang dimiliki dan banyaknya kelompok kepentingan yang memainkan peran signifikan dalam wadah media sosial di dunia maya.

Dalam komunikasi massa terdapat media sosial yang dapat dijadikan sebagai penghubung antara komunikator politik dengan khalayak.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved