DMI Sulteng

Kembangkan Fungsi Masjid, DMI Palu Bentuk Pengurus Kecamatan

Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, membentuk pengurus tingkat kecamatan untuk mengoptimalkan pengembangan fungsi masjid

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
DMI Palu
Ketua DMI Kota Palu Sirajuddin Ramli mengatakan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, membentuk pengurus tingkat kecamatan untuk mengoptimalkan pengembangan fungsi masjid 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, membentuk pengurus tingkat kecamatan untuk mengoptimalkan pengembangan fungsi masjid.

Hal itu untuk percepatan implementasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

"Iya, sudah terbentuk pengurus DMI untuk delapan kecamatan se-Kota Palu," kata Ketua DMI Kota Palu Sirajuddin Ramli, Rabu (25/1/2023).

Sirajuddin menuturkan, implementasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid yang di dalamnya dilaksanakan dengan program pengembangan fungsi masjid, perlu diikutkan dengan penguatan struktur kepengurusan di tingkat kecamatan.

Menurutnya, DMI Palu membentuk pengurus cabang untuk delapan kecamatan se-Kota Palu, yang akan segera dilantik pada tanggal 29 Januari 2023 mendatang.

Baca juga: Hadianto Rasyid Serahkan Aset Daerah ke PDAM Kota Palu, Ingatkan Tingkatkan Pelayanan

"Dengan adanya kepengurusan di tingkat kecamatan, maka diharapkan pengembangan fungsi masjid dapat terlaksana dengan baik," ujar Ketua DMI Palu.

Ia mengatakan masjid sebagai sentral kegiatan ibadah bagi umat Islam, juga dapat dikembangkan fungsinya sebagai pusat pendidikan dan pemberdayaan ekonomi umat.

Kata Sirajuddin pada aspek pendidikan, masjid dapat dijadikan sebagai tempat belajar dan mengajar menyangkut dengan aqidah, akhlak, fiqih, keislaman, keagamaan dan sebagainya.

Sementara untuk aspek pemberdayaan ekonomi, halaman masjid dapat dikembangkan sebagai pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumtif jamaah dan masyarakat sekitar masjid.

Baca juga: Mantan Kepala KUPP Kelas III Bunta Bantah Tuduhan JPU, PH Sebut Semua Tuduhan Belum Terbukti

"Ini yang sedang digagas oleh DMI di wilayah Sulteng termasuk DMI Kota Palu, dalam rangka percepatan implementasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Dalam waktu dekat DMI akan segera implementasikan program masjid mart," jelas Sirajuddin.

Sirajuddin menjelaskan, program dari DMI yang saat ini tengah dilaksanakan seperti perbaikan akustik/sound sistem masjid, pembuatan aplikasi masjid dan media digital, kampanye dan gerakan masjid bersih dan sehat, pemberdayaan ekonomi berbasis masjid melalui program masmid masrt, perbaikan dan peningkatan manajemen ke-masjidan, sertifikasi tanah/wakaf, pendidikan dan dakwah berupa pelatihan dai dan imam), wisata religi berbasis masjid, revitalisasi tempat wudhu dan toilet, serta gerakan subuh berkah. 

"Oleh karena itu sangat dibutuhkan ketersediaan pengurus di tingkat cabang kecamatan, untuk mengawal dan mengimplementasikan program ini di tingkat kecamatan," tuturnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved