Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Vaksin Covid-19 akan Diberikan Secara Gratis, Kemenkes: Tanpa Persyaratan Apapun

Kebijakan vaksin gratis disampaikan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangan resminya pada Rabu (16/12/2020).

Penulis: Clarissa Fauzany Priastuti
Editor: Lita Andari Susanti
bgr.com
ILUSTRASI vaksin. 

TRIBUNPALU.COM - Vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kebijakan tersebut disampaikan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangan resminya pada Rabu (16/12/2020).

Dikatakan, keputusan tersebut diambil setelah menimbang masukan dari masyarakat serta melakukan kalkulasi ulang terkait keuangan negara.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden yang dikutip dari laman Setkab.go.id.

Presiden menambahkan, vaksin diberikan secara gratis tanpa dikenakan biaya sama sekali.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis untuk Seluruh Masyarakat, Presiden Jokowi: Tidak Ada Alasan Tak Dapat Vaksin

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Vaksin Gratis untuk Seluruh Warga: Tak Ada Kaitan dengan Keanggotaan BPJS

Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 akan digratiskan untuk seluruh masyarakat.
Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 akan digratiskan untuk seluruh masyarakat. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa program vaksin gratis diberikan tanpa adanya persyaratan apapun.

Termasuk persyaratan keanggotaan BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada keterangan pers tentang Perkembangan Penyiapan Vaksin Covid-19, Jumat (18/12/2020).

"Dapat kami tegaskan bahwa vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat, tanpa persyaratan apapun, juga tanpa persyaratan keanggotaan dan keaktifan di BPJS Kesehatan," tegasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa program vaksin gratis hanya diperuntukkan bagi warga yang terdaftar sebagai anggota BPJS.

Halaman
123
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved