Breaking News:

Waspadai Efek Samping Kafein yang Membahayakan Kesehatan, Terutama Bagi Penderita Jantung

Kafein tidak hanya memiliki manfaat untuk membuat Anda tetap terjaga, namun kafein juga merupakan stimulan sistem saraf pusat yang mempengaruhi tubuh.

jogja.tribunnews.com
Jika dikonsumsi secara berlebihan dan secara rutin, kopi dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

TRIBUNPALU.COM – Semakin berkembangnya zaman, banyak sebagian orang mengandalkan secangkir kopi di pagi atau sore hari untuk membantu kita melewati hari.

Selain dapat membuat Anda terjaga atau dapat menjadi obat untuk penahan kantuk, kopi yang sering dikonsumsi juga merupakan salah satu bagian dari gaya hidup.

Kafein tidak hanya memiliki manfaat untuk membuat Anda tetap terjaga, namun kafein juga merupakan stimulan sistem saraf pusat yang mempengaruhi tubuh Anda dalam berbagai cara.

Melansir dari WebMd, sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan memori, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan fungsi mental.

Namun, di sisi lain, sebuah studi juga menunjukkan terlalu banyak kafein dapat membuat Anda terkena tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kepadatan tulang yang lebih rendah - belum lagi saraf yang terganggu.

Baca juga: Kenali Manfaat dan Efek Samping Kafein bagi Tubuh Anda

Ketika Anda mengetahui gejala kafein dan efek jangka panjangnya pada tubuh Anda mungkin membuat Anda berpikir dua kali untuk minum kopi.

Melansir dari Helthline, kafein tidak memberikan nilai gizi dan justru dapat memberikan beberafa efek samping ringan hingga berat.

Anda mungkin merasa lebih energik, tetapi seiring waktu, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gejala penarikan.

Menurut Mayo Clinic, aman bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat untuk mengonsumsi hingga 400 miligram kafein per hari.

Saat Anda mengonsumsi jumlah kafein yang sama setiap hari, tubuh Anda mengembangkan toleransi terhadapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved