Breaking News:

Virus Corona

Hal-hal yang Perlu dan Tak Boleh Dilakukan setelah Mendapat Vaksin Covid-19

Pemerintah sedang menggencarkan vaksin Covid-19 untuk menciptakan kekebalan komunal masyarakat agar terhindar dari Covid-19. 

TRIBUNPALU.COM/FANDY
Vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, Senin (13/9/2021). 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah sedang menggencarkan vaksin Covid-19 untuk menciptakan kekebalan komunal masyarakat agar terhindar dari Covid-19. 

Mendapat vaksin telah dinyatakan efektif untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19 terutama dari keparahan saat terinfeksi. 

"Kami melihat respons imun yang baik yang muncul dalam waktu sekitar dua minggu setelah dosis pertama itu," kata pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Katherine O'Brien, dikutip dari situs WHO.

"Dan kita melihat kekebalan menjadi lebih kuat setelah dosis kedua itu, sekali lagi dalam periode waktu yang lebih singkat setelah dosis kedua."

Meski efektivitas vaksin bisa berkurang seiring waktu, bukan berarti tubuh yang telah menerima vaksin tidak terlindungi sepenuhnya. 

Selain itu, pandemi juga bisa berakhir dengan mencegah mata rantai penularan Covid-19. 

Untuk itu selain mendapat vaksin untuk melindungi diri, perlu juga tetap melakukan tindakan pencegahan Covid-19 untuk memutus mata rantai tersebut. 

"Jadi untuk berapa lama kita perlu melanjutkan tindakan pencegahan ini akan sangat bergantung pada apa yang dapat dilakukan masyarakat dan negara untuk benar-benar menghancurkan virus ini, untuk menghancurkan penularannya," katanya. 

Program vaksinasi perlu didukung tidak hanya dengan mengikuti vaksinasi Covid-19. 

Tetapi ada hal yang perlu dilakukan setelah mendapat vaksin agar perlindungan vaksin bisa maksimal dan mengurangi risiko efek sampingnya. 

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved