Banggai Hari Ini

Pemkab Banggai Gelar Rakor Pengelolaan Limbah B3

Rakor pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Luwuk, Kabupaten Banggai, Kamis (1/12/2022).

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Rakor pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Luwuk, Kabupaten Banggai, Kamis (1/12/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banggai menggelar rapat koordinasi (rakor) pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), Kamis (1/12/2022).

Sekretaris DLH Banggai, Agus Budi Waluyo, menyatakan, limbah B3 memiliki kandungan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan lingkungan dan mengancam kesehatan manusia serta makhluk hidup lainnya. 

Karena itu, rakor ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketaatan regulasi pengelolaan limbah B3 yang ditetapkan oleh negara. 

"Di akhir pertemuan, kita kan membuat komitmen yang ditandatangani bersama, perihal pengelolaan limba B3 be ke depan," kata Agus. 

Baca juga: Rapat Penyaluran Dana Bagi Hasil Pajak 2022 Dipusatkan di Banggai

Ia mengaku peserta rakor berasal dari perwakilan pengusaha di Banggai baik skala besar hingga kecil, yang dalam mengelola produk bisnis berpotensi memproduksi limbah B3. 

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Banggai, Rudi K. Bullah, mengimbau semua pemangku kepentingan harus menyamakan presepsi dalam mewujudkan komitmen limbah B3 yang ramah lingkungan.

Hal ini wajib dilakukan agar dapat mengurangi risiko kesehatan dan menciptakan lingkungan hidup yang sehat untuk mendukung pembangunan bekelanjutan.

"Penanganannya harus lebih sistematis, konsisten, dan maksimal," jelas dia. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved