Pemilu 2024 Sulteng

Bawaslu Sulteng Dorong Masyarakat Berperan Aktif Pantau Pemilu Serentak 2024 di Buol

Ia mengingatkan, Kabupaten Buol yang dikenal sebagai daerah yang melahirkan banyak tokoh-tokoh pergerakan dan intelektual.

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
Bawaslu Sulteng
Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulteng Muh Rasyidi Bakry mengingatkan pengawas pemilu mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai di tingkat Kecamatan untuk mendorong masyarakat agar ikut berperan aktif dalam memantau proses Pemilu. 

TRIBUNPALU.COM, BUOL - Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulteng Muh Rasyidi Bakry mengingatkan pengawas pemilu mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai di tingkat Kecamatan untuk mendorong masyarakat agar ikut berperan aktif dalam memantau proses Pemilu.

"Reformasi dan demokrasi yang kita nikmati saat ini merupakan suatu kemewahan yang kita dapatkan dari hasil perjuangan mahasiswa dan rakyat. Olehnya kerja sebagai pengawas pemilu, selain untuk memastikan Pemilu berlangsung Jurdil, semestinya juga dimaknai sebagai tugas mulia untuk merawat dan mengawal demokrasi," kata Rasyidi Bakry, Minggu (25/12/2022).

Koordinato Wilayah kerja IV yaitu Banggai, Bangkep dan Balut itu menjelaskan, Indonesia saat ini masih terjebak dalam situasi transisi demokrasi, dimana sistem demokrasi yang ada saat ini bisa saja menjadi lebih baik atau sebaliknya justru mundur ke belakang dan kembali ke era otoriter.

Ia mengingatkan, Kabupaten Buol yang dikenal sebagai daerah yang melahirkan banyak tokoh-tokoh pergerakan dan intelektual.

Baca juga: Bawaslu Sulteng Sebut Gakkumdu Miliki Peran Penting di Pemilu Serentak 2024

"Jadi semestinya Kabupaten Buol bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah lain bahwa hasil Pemilu yang jurdil yang merupakan wujud dari pengawasan Bawaslu dan Rakyat akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang amanah yang akan memastikan penggunaan setiap rupiah dari APBD Buol untuk kesejahteraan Rakyat," ujar Rasyidi Bakry.

Sementara itu Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Buol Karianto mengapresiasi Bawaslu Sulteng yang memberikan pemahaman terkait pengawasan di Kabupaten Buol.

Karianto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan prioritas, karena menyangkut penguatan kapasitas jajaran Panwascam Se-kabupaten Buol.

Baca juga: 3 Kapolres Dimutasi, Wadir Reserse Krimsus AKBP Bagus Setiyawan Menjadi Dir Polairud Polda Sulteng

"Ini sangat penting karena untuk penguatan kapasitas Panwascam se-Kabupaten Buol mengenai tata cara, mekanisme, dan prosedur penyelesaian sengketa antar Peserta Pemilu," tutur Karianto.

Diketahui Kegiatan tersebut adalah Bimbingan Teknis Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Berdasarkan Perbawaslu Nomor 9 Tahun 2022.

Bimtek tersebut dihadiri oleh seluruh Ketua dan Anggota Panwascam Kabupaten Buol dari 11 Kecamatan, dengan jumlah total sebanyak 33 orang. (*)

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved